3 Cara Mengatasi “Sayangnya, Aplikasi Telah Berhenti”

3 Cara Mengatasi “Sayangnya, Aplikasi Telah Berhenti” – Semua alat elektronik bisa mengalami kerusakan meski Anda mencoba untuk menggunakannya secara bijak. Terutama pada berbagai alat yang menggunakan software, salah satunya hp android. Salah satu masalah yang terjadi pada hp android adalah aplikasi yang tiba-tiba berhenti dan ditAndai dengan adanya pesan error bertuliskan Sayangnya Aplikasi Telah Berhenti. Jika Anda sedang mengalaminya mungkin butuh informasi mengenai cara mengatasi “Sayangnya, aplikasi telah berhenti”. Artikel ini akan membahasnya.

Meski Anda mendownload aplikasi resmi di Google Play Store bukan berarti terhindar dari masalah ini. Oleh karena aplikasi apapun dan yang di-download dari manapun bisa mengalami error seperti ini. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Cara mengatasi “Sayangnya, Aplikasi Telah Berhenti” ada di bawah ini.

Cara Mengatasi “Sayangnya, Aplikasi Telah Berhenti”

Sebelum sampai ke pembahasan caranya, Anda harus tahu dulu apa saja yang menjadi penyebabnya. Penyebabnya antara lain.

  • File cache yang menumpuk

Menumpuknya cache atau sampah dalam hp android selalu menjadi salah satu penyebab masalah-masalah yang dihadapinya. Dengan terlalu banyaknya cache yang menumpuk itu membuat kinerja hp menjadi lemot kemudian berakibat kepada sistem yang menjadi lemot juga. Akhirnya sistem tidak kuat menahan beban dan membuat beberapa tugas berhenti atau gagal.

  • RAM android penuh

Masih sama dengan akibat dari menumpuknya file cache, RAM yang penuh juga menjadi penyebab hp Anda mengalami banyak masalah. Hal ini bisa terjadi jika Anda melakukan tugas atau mendownload aplikasi yang terlalu banyak sedangkan spesifikasi hp tidak mumpuni.

  • Aplikasi masih versi BETA

Aplikasi yang masih BETA artinya ada dalam tahap uji coba sehingga masih banyak kekurangan atau bugnya.

  • Aplikasi tidak kompatibel

Aplikasi android selalu memiliki spesifikasi yang berbeda-beda sehingga tidak selalu bisa digunakan di semua perangkat Android. Mungkin Anda mendownload aplikasi yang tidak sesuai dengan sistem operasi HP Anda, misalnya HP masih menggunakan android Lollipop sedangkan aplikasinya hanya bisa digunakan untuk android Marshmallow.

  • Hardware sudah tua

Apa hubungannya hardware yang sudah tua dengan aplikasi yang terhenti? Tentu saja hardware yang sudah lama digunakan atau sudah tua memiliki kemampuan yang sudah tidak baik lagi sehingga rentan mengalami masalah. Jika aplikasi terhenti karena hal ini maka satu-satunya jalan adalah membeli hp yang baru.

  • Data aplikasi corrupt

Dengan corrupt-nya data aplikasi akan membuat terjadi error ketika dijalankan. File yang corrupt sering terjadi jika di-download selain di Google Play Store.

Itu dia apa saja berbagai penyebab yang membuat aplikasi Anda error sehingga tiba-tiba berhenti. Namun tenang saja, tentu ada cara mengatasi “Sayangnya, Aplikasi Telah Berhenti” tersebut. Sebenarnya caranya ada banyak tapi di sini akan dibahas tiga, sebagai berikut.

Baca juga: Cara Mengatasi Fingerprint HP Samsung yang Tidak Berfungsi

  1. Instal Ulang Aplikasi

Ini adalah cara pertama yang bisa Anda lakukan tapi jika tidak terlalu serius mungkin bisa menggunakan cara yang lain. Sebelum menginstal ulang aplikasinya Anda harus menghapus dulu aplikasi lamanya beserta file sampahnya. Jika tidak dibersihkan secara tuntas maka cara ini mungkin tidak akan efektif. Cara untuk menghapus data aplikasinya mudah sekali, Anda hanya perlu buka menu Pengaturan kemudian pilih opsi Setelan Tambahan, kemudian Manajemen Aplikasi dan cari aplikasi yang akan Anda hapus. Jika sudah ditemukan langsung saja klik hapus instalasi aplikasi tersebut.

  1. Hapus Cache Aplikasi

Oleh karena cache termasuk salah satu penyebabnya maka Anda harus menghilangkannya dari hp. Untuk melakukan tugas ini Anda bisa menggunakan berbagai aplikasi pembersih sampah-sampah di android seperti CCleaner, Clean Master, atau aplikasi serupa lainnya. Jika tidak mau mendownload aplikasinya Anda bisa melakukannya sendiri dengan pengaturan yang sudah ada. Langkah-langkahnya sama dengan cara menghapus instalasi aplikasi seperti yang dibahas di atas hanya bagian terakhirnya yang Anda pilih adalah opsi Hapus Cache.

  1. Melakukan Factory Reset

Ini adalah pilihan paling akhir dari cara menghilangkan pesan error pada aplikasi karena memiliki risiko yang tinggi. Dengan melakukan factory reset berarti hp Anda akan seperti awal kembali karena semua data-data dan update-an akan hilang. Namun jika tidak keberatan dan ini satu-satunya cara yang bisa dilakukan, bisa ikuti langkah-langkah sebagai berikut.

Bukalah menu Pengaturan kemudian pilih Setelan Tambahan lalu pilih Buat Cadangan dan Reset. Terakhir pilih opsi Aplikasi dan Aplikasi yang Dapat Dibongkar. Langkah ini adalah untuk android Lollipop, jika OS versi lain mungkin caranya sedikit berbeda.

Jika error seperti ini tidak terjadi di hp Anda maka cara mencegahnya adalah Anda jangan membuat hp bekerja dengan terlalu berat. Contohnya dengan jangan memaksa menutup aplikasi jika loadingnya lama, maksimal jalankan 5 aplikasi, kontrol RAM dengan bantuan aplikasi, saat baterai hampir habis jangan lakukan banyak aktivitas apalagi sampai mati, dan jangan pakai hp ketika Anda sedang mengisi dayanya.

Baca juga: Cara Mengatasi BBM Pending / Error di Android dan Blackberry

Demikianlah bagaimana cara mengatasi “Sayangnya, Aplikasi Telah Berhenti”. Mengatasinya memang mudah dilakukan tapi lebih baik menjaga supaya masalah ini tidak muncul. Semoga masalahnya bisa tuntas dengan mengikuti cara yang diberikan di sini dan tidak akan muncul kembali.

Loading...
3 Cara Mengatasi “Sayangnya, Aplikasi Telah Berhenti” | Khisma Nisa Yuniar | 4.5