Cara Jadikan Android Sebagai Kamera CCTV

Cara Jadikan Android Sebagai Kamera CCTV – Android adalah salah satu sistem operasi yang terkenal saat ini. Hampir semua orang memiliki ponsel ataupun tablet Android sebagai pelengkap aktivitas Mereka. Namun lebih dari itu, ternyata perangkat Android bisa dijadikan sebagai kamera CCTV. Ingin tahu bagaimana caranya? Berikut ulasannya untuk Anda.

Unduh dan install aplikasi

Untuk memulai menjadikan Android sebagai kamera CCTV, yang harus Anda siapkan adalah ponsel atau tablet Android, selanjutnya Anda bisa mengunduh satu dari beberapa aplikasi CCTV di bawah ini. Semuanya memiliki kemiripan, baik dari fungsi maupun fitur. Jadi Anda bisa melihat ke bagian review pengguna yang sudah pernah mencoba.

Cara Jadikan Android Sebagai Kamera CCTV

  1. MEye

MEye adalah aplikasi Android yang dibuat oleh developer bernama Meyetech. Aplikasi ini nantinya memudahkan pengguna Android untuk mengakses ataupun mengontrol DVR atau Security cameras atau IP cameras yang terhubung pada perangkat. Selain itu, MEye juga dibuat dengan performa yang baik, cepat dan sederhana, sehingga memudahkan pengguna awam dalam pengoprasian.

Beberapa kelebihan yang dihadirkan pada MEye diantaranya adalah kecocokan aplikasi dengan semua jenis versi Android OS, fitur streaming secara langsung yang dapat dilakukan pada perangkat keamanan Anda, dukungan DVR (khususnya buatan China), kontrol kamera oleh PTZ dan pengambilan foto serta live streaming video.

Setelah melakukan unduh dan instal aplikasi MEye, nantinya Anda akan disajikan dengan beberapa menu pilihan, seperti device list, video records dan photos. Anda dapat menekan opsi device list untuk memasukan detail device yang akan dihubungkan.

Unduh: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.MEye

  1. Viewtron CCTV DVR Viewer App

Aplikasi selanjutnya ini sebenarnya memiliki fungsi dan sistem yang berjalan tidak jauh berbeda dengan aplikasi MEye. Mungkin yang membedakan adalah beberapa fitur tambahan yang tidak ada pada MEye, seperti mode landscape dan potrait, resolusi standar mencapai 1080p, fitur zoom dan lain sebagainya. Selain itu, Anda juga bisa memasang kamera keamanan lebih dari satu tempat dan menyaksikannya di layar Android ataupun komputer secara bersama-sama dalam bentuk thumbnail.

Unduh: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cctvcamerapros.viewtron

  1. CCTV Mobile

Aplikasi ini dibuat oleh developer bernama CCTV Mobile Client Dev. Anda dapat menggunakan aplikasi ini untuk membuat perangkat Android Anda menjadi kamera CCTV. Ada beberapa fitur yang dihadirkan pada CCTV Mobile, diantaranya adalah pengelolaan video dan foto, pantauan dari DVR dan NVR secara langsung, network camera, play back record files dan locally store.

Unduh: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.europe2.iVMS

Memulai melakukan uji coba

Perlu diingat, Anda tidak perlu lagi mengutak-atik pengaturan bawaan dari aplikasi CCTV yang sudah Anda unduh. Selanjutnya Anda harus menyiapkan jaringan Wi-Fi yang cukup kuat untuk menayangkan live streaming dari tampilan gambar. Tanpa Wi-Fi yang memadai, hasil gambar tidak akan berhasil untuk dimuat.

Menggabungkan Android dengan komputer

Tentunya cukup aneh jika Kita hanya menggunakan kamera dari Android saja tanpa menggunakan perangkat lain untuk melihat situasi secara live. Oleh karenanya, Kita membutuhkan sebuah komputer atau laptop. Selanjutnya, hidupkan perangkat dan buka browser internet. Lalu akses IP address khusus yang nomer tersebut berada pada layar Android Anda ketika aplikasi CCTV berjalan.

Nantinya akan muncul pengaturan-pengaturan standar yang dapat Anda sesuaikan tergantung kebutuhan, seperti recorder control, zoom, stream quality, LED flashlight dan lain sebagainya.

Tag

aplikasi cctv,aplikasi cctv android,cara menggunakan aplikasi meye,Google buka kamera,cara menggunakan meye,Aplikasi CCTV untuk android,aplikasi cctv android terbaik,aplikasi cctv untuk hp android,aplikasi cctv di android,cctv android
Cara Jadikan Android Sebagai Kamera CCTV | Balqish Annur Qaishah | 4.5