Cara Membuat Jaringan LAN Sederhana beserta Gambar

Cara Membuat Jaringan LAN Sederhana beserta Gambar – LAN atau Local Area Network termasuk jenis jaringan internet yang berguna untuk mengabungkan beberapa komputer agar berada dalam jaringan internet yang sama. Jaringan LAN paling sederhana menghubungkan dua buah komputer saja. Ada begitu banyak fungsi LAN, dan untuk jaringan sederhananya sangat mudah dibuat. Artikel ini akan membahas cara membuat jaringan LAN sederhana sekaligus gambarnya.

Komputer-komputer yang ada dalam satu jaringan LAN bisa saling berbagi seperti koneksi internet, printer, dan data. Ada satu komputer yang menjadi pusat dan lainnya sebagai “pengikut”. Jaringan LAN terdiri atas berbagai jenis, dan jumlah komputer yang ada dalam satu jaringan bisa sampai berapa saja. Apabila Anda mempunyai dua komputer yang ingin saling terhubung bisa ikuti cara membuat jaringan LAN sederhana di bawah ini.

Cara Membuat Jaringan LAN Sederhana beserta Gambar

Sebelum sampai ke cara menghubungkan beberapa komputer, dalam artikel ini dua komputer, akan dibahas dulu apa saja fungsi jaringan LAN secara garis besarnya.

Jaringan LAN kebanyakan digunakan pada perusahaan yang menghubungkan komputer para karyawan dengan sebuah komputer server. Jika komputer servernya punya spesifikasi yang tinggi maka jumlah komputer yang bisa berada dalam satu jaringan LAN yang sama bisa sampai ratusan. Berikut ini beberapa fungsi secara garis besarnya jika digunakan untuk bisnis.

  • Mendukung kinerja sistem informasi bisnis dan manajemen. Sistem informasi yang ada dalam sebuah perusahaan terdiri atas banyak jenis. Nah, semuanya harus diinterigaskan supaya jadi sistem informasi yang utuh. Caranya adalah dengan memusatkannya pada sebuah komputer server yang jadi induknya.
  • Memudahkan user agar bisa mengakses informasi. Oleh karena bisa saling berbagi dengan user lain yang ada dalam satu jaringan LAN yang sama maka pekerjaan mereka akan semakin mudah. Misalnya jika atasan akan memberikan tugas, hanya perlu melakukan sharing lewat komputer server.
  • Memudahkan user dalam melakukan pengecekan database dalam server atau mengetahui berbagai database yang ada di dalam server.

Selain itu masih banyak fungsi yang lainnya yang sama pentingnya. Nah, sekarang baru membahas cara membuat jaringan LAN sederhana. Ada dua jenis koneksi yang bisa digunakan untuk membuat jaringan LAN sederhana, yaitu adhoc wireless, dan koneksi kabel menggunakan kabel UTP. Cara yang akan dibahas di sini adalah yang paling mudah, yaitu menggunakan kabel data UTP atau Unshielded Twister Pair yang menjadi standar kabel untuk membuat jaringan LAN.

Jumlah kabel UTP yang diperlukan untuk menyambungkan dua buah komputer hanya satu buah. Gunakan yang panjangnya sesuai jarak keduanya. Sebelum disambungkan, kedua komputer harus telah dipasang dengan konektor standar untuk LAN UTP bernama RJ-45 menggunakan konfigurasi silang atau Cross. Gambarnya sebagai berikut.

Sambungan Silang

Jika Anda ingin mengoneksikan lebih dari 2 buah komputer dengan menggunakan koneksi ini juga bisa. Asal harus ada Hub atau Switch. Konektor RJ-45 akan disambungkan di masing-masing komputer kemudian satu dari dua ujung kabel UTP akan dikoneksikan ke konektor tersebut. Selanjutnya komputer akan dihubungkan ke switch. Untuk cara ini menggunakan konfigurasi lurus atau straight dengan gambar sebagai berikut.

Baca juga: Cara Mempercepat Koneksi Internet WiFi Windows 7

Sambungan Lurus

Oh ya, untuk pemasangan konektor ke kabel UTP-nya jika Anda belum bisa sendiri datang saja ke toko komputer kemudian minta dipasangkan. Anda bisa sekalian membeli kabel UTP kemudian minta pasangkan konektornya menggunakan konfigurasi silang jika memang akan melakukannya untuk dua buah komputer saja.

Jika sudah terhubung maka masih belum selesai, Anda harus melakukan konfigurasi pada bagian alamat IP-nya agar keduanya bisa saling berhubungan atau berkomunikasi. Caranya mudah, seperti berikut.

  • Lakukan pengaturan di Control Panel lalu pilih menu Network Connections.
  • Pada bagian Local Area Connection lakukan double klik untuk memilihnya. Lakukan double klik lagi pada bagian Internet Protocol atau TCP/IP.
  • Lalu klik opsi Use The Following IP Adress dan isi alamat IP-nya. Alamat IP tergantung masing-masing komputer, pastikan angka depannya sama sedangkan angka belakangnya dibedakan dengan angka 1, 2, 3, 4, dan seterusnya sesuai dengan jumlah komputer yang terhubung. Namun untuk komputer yang ada dalam satu jaringan LAN harus menggunakan alamat IP 192.168.1.xxx.
  • Lalu isi bagian subnet mask dengan 255.255.255.0 untuk semuanya.

Untuk pengaturan jaringannya sudah selesai tapi Anda belum bisa tahu apakah sudha terhubung atau belum. Maka dari itu lakukan pengecekan dengan melakukan ping untuk setiap komputer menggunakan komputer yang menjadi pusat. Apabila hanya dua komputer berarti Anda harus mengecek dari komputer 1 ke komputer 2 dengan cara.

  • Klik menu Start kemudian pilih Run dan ketik CMD untuk membuka Command Prompt. Kemudian klik OK.
  • Setelah muncul tampilan CMD, ketik perintah “ping 192.168.0.2” tanpa tanda petik kemudian

Lakukan cara pengecekan tersebut di komputer 1, jika sudah berhasil terhubung maka komputer 2 akan memberikan reply. Untuk mengetahui koneksi yang lain lakukan perintah tersebut juga tapi perhatikan IP addressnya, jadi masukkan IP Address komputer yang akan dicek.

Baca juga: Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Connect Wifi Windows 10, 8 dan 7

Demikianlah bagaimana cara membuat jaringan LAN sederhana beserta gambar untuk menghubungkan dua buah komputer. Semoga Anda berhasil melakukan cara yang dibagikan di atas.

Tag

Merancang LAN
Loading...
Cara Membuat Jaringan LAN Sederhana beserta Gambar | Khisma Nisa Yuniar | 4.5