Cara Menambah Ukuran Partisi Local Disk (Drive) C Windows 7, 8 dan 10

Cara Menambah Ukuran Partisi Local Disk (Drive) C Windows 7, 8 dan 10 – Setiap perangkat PC entah itu komputer maupun laptop dibekali dengan ruang penyimpanan di dalamnya. Sebelum kemunculan smartphone, komputer ataupun laptop adalah dewa kemodern-an. Yups Kamu bisa mengetik, menyimpan file, foto, video, dan lain sebagainya. Kamu juga bisa mengakses jaringan internet lewat komputer  atau laptop, Kamu bisa browsing, nonton youtube,  chatting di sosial media yang pada masa maraknya komputer atau laptop sosial media masih terbatas pada pengguna twitter dan fb. Selain itu dengan modal jaringan internet Kamu juga bisa melakukan panggilan video call lewat skyp. Di komputer atau laptop Kamu juga bisa bermain game online atau offline, bisa edit foto, dab\n banyak lagi deh yang bisa dilakukan di komputer atau laptop. Sehingga tidak heran komputer atau laptop dibekali dengan ruang penyimpanan yang fungsinya tentu saja untuk menyimpan software bawaan dan data.

Ketika Kamu membeli laptop atau komputer secara default ukuran partisi c hanya sebesar 40 gb saja dengan ukuran hardisknya sekitar 320 gb. Jika Kamu yang mengandalkan kerja dengan bantuan utama komputer seperti gamer, blogger, programer, dan lain sebagainya tentu saja partisi c sebesar 40 gb tidak akan cukup. Kamu paling tidak membutuhkan komputer atau laptop dengan partisi local disk c 100 gb. Tujuannya agar kamu bisa dengan mudah menginstall software atau aplikasi yang Kamu butuhkan tanpa harus membebani laptop atau komputer Kamu lebih jauh lagi. Dengan demikian laptop atau komputer Kamu  tidak lelet saat digunakan untuk menunjang kegiatan Kamu dan Kamu tambahkan program baru.  Untuk itu salah satu caranya adalah dengan menambah partisi local disk c di laptop atau komputer Kamu. Pertanyaannya memang bisa ya Menambah Ukuran Partisi Local Disk C ?

ternyata bisa guys Kamu menambah ukiuran partisi local disk c baik itu dengan bantuan tool maupun tanpa tool, dan itu berlaku untuk Kamu pengguna windows 7, 8 ataupun 10. Dengan penambahan partisi ini akan membuat laptop atau komputer Kamu tetap stabil walaupun memuat banyak software ataupun aplikasi. Langsung saja disimak ya guys Cara Menambah Ukuran Partisi Local Drive C Windows 7, 8 dan 10 berikut ini.

Baca juga: Pengertian Input dan Output dan Fungsinya Pada Komputer

Cara Menambah Ukuran Partisi Local Disk (Drive) C dengan Disk Management

maxresdefault

  1. Langkah pertama yang harus Kamu laukan untuk menambah ukaran partisi laptop atau komputer dengan disk management adalah mengklik kanan pada laptop atau komputer yang Kamu miliki.
  2. Stelah Kamu klik kanan laptop atau komputer Kamu berikutnya Kamu klik Manage sebagai upaya untuk bisa mengatur ruang penyimpanan pada komputer atau laptop tersebut.
  3. Langkah selanjutnya Kamu klik disk management sebagai upaya untuk mengetahui ruang penyimpanan di laptop atau komputer Kamu.
  4. Selanjutnya Kamu klik kanan pada bagian partisi yang masih memiliki ruang disk yang besar.
  5. Sekarang saatnya Kamu klik Shrink Volume sebagai upaya untuk membuat partisi teranyar. Dengan begitu akan muncul disk unlocated volume.
  6. Berikutnya Kamu klik kanan saja pada partisi c atau disk c, lalu Kamu pilih Extented Volume yang terletak di bagian bawah.
  7. Setelah itu akan muncul sebuah layar jendela Extend Volume Wizard, langsung saja Kamu klik next, kemudian klik next lagi.
  8. Langkah pamungkas untuk menambah ruang partisi di komputer atau laptop dengan menggunakan disk management ini adalah dengan mengklik “finish”.
  9. Selesai deh, dengan demikian partisi local disk di komputer atau laptop Kamu akan bertambah.

Cara Menambah Ukuran Partisi Local Disk (Drive) C dengan Menggunakan Minitool

Selain dengan menggunakan m=disk management, Kamu juga bisa menambah ukuran pastisi local disk di komputer atau laptop Kamu dengan menggunakan monotool. Berikut ini adalah langkah-langkah menggunakan minitool untuk menambah ukuran partisi di komputer atau laptop.

  1. Pertama Kamu harus memiliki software minitool terlebih dahulu, maka dari itu download software minitool terlebih dahulu di sini.
  2. Jika Kamu sudah berhasil mendownload software minitool di laptop atau komputer Kamu lakukanlah proses instalasi software minitool hingga tuntas di laptop atau komputer Kamu. proses installnya sama saja kok seperti Kamu menginstall aplikasi pada umumnya. Jadi Kamu gak perlu bingung untuk install software minitool ini guys.
  3. Jika sudah berhasil diinstall sekarang saatnya Kamu membuka software minitool di komputer atau laptop Kamu. Lalu Kamu pilih Minitool Partition Wizard. Dengan demikian daftar volume atau partisi yang terdapat di laptop atau komputer Kamu akan terbuka.
  4. Sekarang saatnya Kamu melaukan klik kanan pada bagian partisi c perangkat PC Kamu, kemudian Kamu pilih extend.
  5. Langkah berikutnya Kamu pilih partidi c untuk dilakukan penambahan ukuran.
  6. Sekarang saatnya Kamu mengatur ukuran partisi. Jika telash selesai langsung saja Kamu klik OK, kemudian klik apply.
  7. Jika Kamu sudah mengikuti langkah-langkah tersebut dengan benar maka akan muncul pop up di layar komputer atau laptop Kamu yang meminta Kamu untuk menyimpan atau mensave. Sekarang silahkan Kamu klik saja yes.
  8. Dengan demikian proses penambahan partisi c sedang berjalan, dan tugas Kamu hanyalah menunggunya hingga proses tersebut tuntas.

Baca juga: Cara Mengunci Control Panel Komputer dengan Password

Demikianlah Cara Menambah Ukuran Partisi Local Disk (Drive) C Windows 7, 8 dan 10. Caranya tidak rumit kok guys kalau Kamu mau mencoba. Jadi Kamu gak perlu membawa komputer atau laptop Kamu ke jasa service hanya sekedar untuk menambah ukuran partisi di komputer atau laptop kamu.

Tag

cara biar leptop tidak rusak
Loading...
Cara Menambah Ukuran Partisi Local Disk (Drive) C Windows 7, 8 dan 10 | Ira Nurhasanah | 4.5