Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Bisa Dibuka di Android Mudah

Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Bisa Dibuka di Android Mudah – Salah  satu masalah yang menyebalkan dari sebuah perangkat android adalah aplikasi yang tidak bisa dibuka. Selain  itu masalah lain yang biasa muncul adalah aplikasi tiba-tiba terhenti, hang, dan lain sebagainya. Jika seperti ini maka akan membuat kesal apalagi ketika benar-benar sedang perlu menggunakannya. Namun tenang saja, jika Anda sedang memiliki aplikasi yang tidak bisa dibuka bisa membaca informasi mengenai cara mengatasi aplikasi tidak bisa dibuka di android pada artikel ini.

Ada banyak faktor yang memengaruhi kenapa aplikasi tidak bisa dibuka atau mengalami masalah lainnya. Salah satu yang sering terjadi adalah menumpuknya cache atau sampah aplikasi sehingga membuat kinerja mesin hp menjadi sangat lambat. Dengan demikian apa pun tugas yang diperintahkan akan sulit terlaksana. Ada beberapa cara mengatasi aplikasi tidak bisa dibuka di android, seperti yang dibahas di bawah ini.

Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Bisa Dibuka di Android Mudah

Oleh karena salah satu penyebab masalah ini adalah menumpuknya cache maka langkah pertama yang dilakukan untuk mengatasi aplikasi tidak bisa dibuka adalah membersihkan cache. Ada dua cara yang bisa dilakukan, yaitu dengan bantuan aplikasi dan dengan melakukan pengaturan manual.

1. Membersihkan Cache

Jika menggunakan aplikasi maka Anda harus menginstal dulu aplikasinya. Salah satu aplikasi pembersih file sampah di dalam hp android yang paling bagus adalah Clean Master. Setelah didownload selanjutnya install aplikasi tersebut di Google Play Store. Untuk membersihkan data-data tidak terpakai atau sampah maka buka saja aplikasinya dan pilih opsi Bekas Sampah untuk mendeteksi berbagai sampah yang ada.

Jika proses pengecekan sampahnya selesai maka selanjutnya langsung pilih menu Bersihkan Sampah. Kemudian tunggu hingga prosesnya selesai.

Jika ingin menggunakan aplikasi lain untuk melakukan cara mengatasi aplikasi tidak bisa dibuka, Anda bisa coba pilih aplikasi AVG Cleaner, The Cleaner Speed Up Clean, DU Speed Booster, dan Cleaner Master Optimizer Free. Semua aplikasi tersebut bisa menghapus cache, file rusak, history panggilan, history website, dan berbagai hal yang bisa mengganggu kinerja hp.

Cara kedua yang lebih mudah adalah dengan menggunakan menu Setelan. Sesudah itu klik Setelan Tambahan sehingga nanti akan muncul macam-macam menu yang bisa dipilih. Pilih opsi Manajemen Aplikasi kemudian pilih aplikasi mana saja yang ingin file sampahnya Anda hapus. Jika sudah ditemukan klik aplikasi tersebut lalu klik Hapus Cache. Sesudah itu proses pembersihannya akan terjadi, tunggu sampai selesai.

2. Paksa Berhenti

Cara lainnya untuk mengatasi hal ini adalah paksa berhenti aplikasi yang tidak bisa dibukanya atau uninstall. Setelah itu install kembali aplikasi yang sama. Mungkin dengan mendownload versi terbarunya masalah ini bisa teratasi. Cara memaksa berhentinya mudah sekali, Anda hanya perlu mencari aplikasi yang akan dipaksa berhenti kemudian tekan lumayan lama aplikasinya lalu uninstall.

Jika tidak mau menghapusnya karena aplikasinya sangat penting maka Anda bisa mengupdatenya saja ke versi yang lebih baru.

3. Factory Reset

Ini adalah langkah yang paling berisiko karena semua data yang ada pada hp Anda akan hilang semuanya. Jadi hp akan kembali seperti pertama kali Anda membelinya. Supaya data-datanya tidak hilang maka Anda harus melakukan back up data terlebih dulu. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

  • Buka lah menu Setelan kemudian pilih Setelan Tambahan.
  • Selanjutnya pilih Buat Cadangan & Setel Ulang kemudian klik opsi Kembalikan Ke Setelan Pabrik.
  • Dilanjutkan dengan pilihan Setel Ulang Telepon dan jika sudah sudah pasti Anda hanya perlu memilih

Cara tersebut bisa digunakan untuk semua hp tapi langkah-langkah ini dilakukannya di sistem operasi Lollipop, jika dengan OS lainnya mungkin akan berbeda. Selain cara-cara tersebut, masih ada cara yang lainnya tapi hanya untuk hp Xiaomi. Berikut ini caranya.

Baca juga: 3 Cara Mengatasi “Sayangnya, Aplikasi Telah Berhenti”

4. Hard Reset

Cara ini dilakukan pada menu Mi Recovery Xiaomi. Langkah-langkahnya sebagai berikut.

  • Masuk ke menu Recovery Mode Xiaomi.
  • Matikan hp kemudian tekan tombol Volume Up dan Power secara bersamaan hingga nanti akan muncul logo MI. Selanjutnya Anda akan langsung masuk ke menu recovery.
  • Pilih opsi bahasa lalu pilih Bahasa Inggris agar lebih mudah.
  • Selanjutnya pilih opsi Wipe Data/ Factory Reset kemudian pilih Wipe All Data dan konfirmasi dengan memilih Yes dengan cara menekan tombol Power, sedangkan jika akan melakukan navigasi gunakan tombol volume down atau up.
  • Tunggu prosesnya selesai. Jika sudah langsung lakukan restart dan reboot hp Xiaomi.

Kemudian untuk menghapus cache hp di Xiaomi langkahnya berbeda dibandingkan menghapusnya di hp biasa. Caranya adalah melakukan Wipe Cache Portion, langkah-langkahnya sebagai berikut.

  • Masuk dulu ke Recovery Mode dengan mematikan hp. Sesudah mati tekan tombol Power dan Volume Up secara bersamaan. Jangan dilepas sampai ada logo MI yang muncul.
  • Sesudah itu Anda akan dibawa ke menu Recovery kemudian pilih bahasa dengan Bahasa Inggris, jika tidak dipilih nanti menggunakan bahasa China.
  • Selanjutnya langsung pilih opsi Wipe Cache Partition kemudian tunggu hingga prosesnya selesai.
  • Jika sudah selesai reboot atau restart hp Xiaomi Anda.

Baca juga: Cara Mengatasi Aplikasi Android Tidak Bisa Update Play Store

Demikianlah bagaimana cara mengatasi aplikasi tidak bisa dibuka di android. Semua langkah-langkahnya mudah dilakukan. Semoga dengan cara yang dibahas di atas masalah aplikasi Anda akan selesai semuanya.

Tag

jika tombol aplikasi tak bisa dibuka
Loading...
Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Bisa Dibuka di Android Mudah | Khisma Nisa Yuniar | 4.5