Cara Mengatasi Layar Touchscreen Sering Macet

Cara Mengatasi Layar Touchscreen Sering Macet – Saat ini perangkat dengan layar touchscreen sudah marak digunakan. Banyak kelebihan yang ada pada perangkat layar sentuh. Selain karena lebih modern, layar sentuh juga memudahkan penggunanya dalam mengeksekusi setiap aplikasi yang ada. Meski begitu, penggunaan touchscreen tidak selalu mulus. Terkadang touchscreen mengalami macet atau unresposive. Untuk itu dalam pemabahasan kali ini Anda akan diajak untuk mengetahui bagaimana cara mengatasi layar touchscreen sering macet.

Cara Mengatasi Layar Touchscreen Sering Macet

  1. Membersihkan RAM

Salah satu penyebab layar touchscreen sering macet adalah karena memori RAM yang sudah terlalu penuh. Sedangkan RAM penuh sendiri disebabkan oleh banyak hal. Kemungkinan paling umum adalah karena pemakaian aplikasi yang terlalu banyak dalam satu waktu (multi tasking). Untuk itu, apapun perangkat Anda, entah itu menggunakan Android, iOS, maupun Windows, penting untuk selalu menghapus riwayat penggunaan aplikasi ataupun game, sehingga ketika tidak digunakan, RAM dapat beristirahat, tidak ada aplikasi yang berjalan di belakang layar.

Selain itu RAM juga bisa bekerja keras dan menimbulkan macet pada layar sentuh manakala ada virus atau malware di perangkat Anda. Untuk mengatasi ini tentu Anda membutuhkan antivirus serta menghapus file-file yang dirasa mencurigakan.

  1. Restart perangkat

Cara mengatasi layar touchscreen yang sering macet selanjutnya adalah dengan melakukan restart. Untuk pengguna Android, Anda bisa langsung menahan tombol restart seperti biasa. Sedangkan untuk pengguna perangkat Apple, seperti iPad dan iPhone, sebaiknya tutup dahulu semua aplikasi yang sedang berjalan. Setelah itu masuk ke tombol Sleep dan seret slidernya hingga ikon Apple muncul dan menonaktifkan perangkat. Untuk pengguna Windows Anda bisa klik menu Settings > Power > Restart. Namun jika touchscreen Anda sudah benar-benar macet, Anda bisa menekan tombol Windows dan power secara bersamaan hingga perangkat melakukan reboot.

  1. Menggunakan kalibrasi

Singkatnya, kalibrasi merupakan aplikasi yang disediakan oleh developer perangkat yang berguna untuk menyesuaikan layar sentuh dengan sentuhan. Untuk setiap OS kalibrasi berbeda-beda dan perbedaan tersebut juga ada pada setiap versi OS. Pada umumnya kalibrasi pada Android bisa Anda temukan di opsi pengaturan. Anda juga bisa menggunakan aplikasi khusus, seperti Touchscreen Tune. Namun dibutuhkan akses root untuk menggunakannya.

Untuk pengguna Windows bisa dengan menekan tombol Start lalu plih jenis kalibrasinya. Sedangkan untuk iPad serta produk Apple lainnya dirasa belum ada aplikasi khusus yang disediakan untuk melakukan hal ini. Namun jika Anda menerapkan Jailbreak atau Jailbroken, lalu touchscreen sering macet, mungkin sebaiknya lakukan hard reset.

  1. Menghapus aplikasi, game serta launcher

Terkadang, bahkan bisa jadi masalah utama dari touchscreen sering macet adalah karena terlalu penuhnya memori perangkat Anda. Tidak jauh berbeda dengan RAM, tempat penyimpanan data pun jika terlalu penuh akan membuat performa perangkat menjadi tidak stabil. Untuk itu, jika Anda mulai merasa layar sentuh tidak bekerja secara maksimal, cobalah untuk menghapus semua aplikasi serta game yang tidak lagi diperlukan. Hindari penggunaan launcher, terlebih yang menerapkan efek ataupun animasi berat. Hindari pula penggunaan wallpaper bergerak.

Tag

penyebab hp layar sentuh sering macet,cara kalibrasi touchscreen komputer,Solusi layar touchscreen yang nyangkut,cara mengatasi touchscreen hp yang mulai tidak stabil,cara mengatasi touchscreen yang seret,cara mengatasi hp sering nyangkut,kenapa hp vivo v5s jadi lemot di sentuh,Mengatasi touchscreen yang tidak stabil,yg menyebabkan tockrin macet com,penyebab layar sentuh tidak stabil
Cara Mengatasi Layar Touchscreen Sering Macet | Balqish Annur Qaishah | 4.5