Cara Menggunakan Terminal Emulator di Android Tanpa Root  

Cara Menggunakan Terminal Emulator di Android Tanpa Root – Siapa sih yang tak kenal Android? Hampir semua jenis smartphone sat ini menggunakan sistem Android. Seperti yang kita ketahui bahwa Android merupakan sistem operasi yang sudah berbasis linux dan tentunya sudah dirancang khusus untuk perangkat smartphone, tablet dan laptop layar sentuh.

Nah jika pada Android dan Anda ingin memiliki akses untuk menjalankan beberapa perintah yang ada di Android, Anda dapat menggunakan Terminal Emulator. Peran Terminal Emulator itu sendiri yaitu hampir sama dnegan command prompt yang ada pada sistem operasi windows.

Lalu apa itu Terminal Emulator? Sudah pernah mendengar kah? Nah bagi yang belum pernah mendengar, Terminal Emulator yaitu salah satu aplikasi yang tentunya untuk menjalankan perintah-perintah.

1

Cara Menggunakan Terminal Emulator di Android

Perintah tersebut memakai bahasa pemrogaman linux. Lalu bagaiamankah cara menggunakanya yang katanya bisa digunakan pada Android dan tanpa root? Namun sebelumnya yang perlu digaris bawahi adalah semua perintah Terminal Emilator tidak semuanya bisa digunakan untuk semua jenis smartphone yang digunakan.

Baca Juga: Cara Menggunakan Wifikill di Android Tanpa Root Ampuh Berhasil

Cara Menggunakan Terminal Emulator di Android Tanpa Root bisa Anda lakukan, namun jika pada smartphone yang Anda gunakan belum memliki aplikasi Terminal Emulator, Anda bisa mendowlod nya terlebih dahulu di google playstore dan berikut langkah-langkahnya:

2

 

  1. Buka aplikasi google playstore, kemudian unduh aplikasi Terminal Emulator dan setelah itu instal aplikasi tersebut.
  2. Setelah diinstal, tunggu sejenak hingga proses instalasi aplikasi Terminal Emulator selesai.
  3. Dan jika sudah selesai, Anda secara langsung bisa memakainnya dan menggunakan aplikasi tersebut.

Setelah aplikasi Terminal Emulator selesai diinstal, berikut Cara Menggunakan Terminal Emulator di Android Tanpa Root di smartphone Android beserta fungsinya:

  1. Fungsi Terminal Emulator untuk instal aplikasi

Yang pertama yaitu untuk menginstal aplikasi. Cara menggunakan Terminal Emulator untuk instal aplikasi yaitu buka Terminal Emunator, kemudian jalankan dam masukkan su dans etelah itu tekan enter.

Langkah selanjutnya yaitu masukkan cd storage, lalu tekan enter lagi dan yang terakhir ketik is, lalu tekan enter lagi. Setelah itu simpan dan jika Anda menyimpan di memory card, Anda bisa mengetik extdcard.

  1. Fungsi Terminal Emulator untuk menyalin file

Yang kedua yaitu untuk menyalin file.Cara menggunakan Terminal Emulator untuk menyalin file yaitu pertama buka aplikasi Teminal Eminator, kemudian jalankan aplikasi tersebut. Setelah itu ketik su, tekan enter, lalu ketik cd, tekan enter lagi, cd storage, tekan enter, ketik  Is, tekan enter, dan setelah itu ketikan nama data dan  dimulakan dengan menuliskan cp dan langkah yang terakhir yaitu  tekan enter.

  1. Fungsi Terminal Emulator untuk mengecheck jaringan wifi

Yang ketiga yaitu untuk mengecheck jaringan wifi. Cara menggunakan Terminal Emulator untuk mengecheck jaringan wifi yaitu pertama sambungkan wifi terlebih dahulu, lalu buka dan jalankan aplikasi Terminal Emunator.

Setelah itu ketih su, tekan enter, kemudian ketik wpca-cli, tekan enter lagi, serach, dan enter lagi, lalu search_result, tekan enter, nah setelah melakukan semua langkah tersebut. Informasi yang Anda butuhkan sudah ditampilkan.

  1. Fungsi Terminal Emulator untuk memindah data

Yang keempat yaitu untuk memindahkan data. Cara menggunakan Terminal Emulator untuk memindah data yaitu hampir sama dengan cara mengcopy data menggunakan Terminal Emunator. Namun ada sedikit perbedaan, adapun perbedaanya yaitu ketika Anda memindah data dan harus mengetik nama data yang akan Anda pindahkan harus dimulai dengan busyboxmv.

  1. Fungsi Terminal Emulator untuk mengecheck Android

Yang kelima yaitu untuk mengecheck Android apakah sudah diroot atau belum Cara menggunakan Terminal Emulator yaitu buka aplikasi Terminal Emulator, kemudian buka dan jalankan seperti biasanya. Setelah it ketik su dan tekan enter. Jika muncul simbol “$” itu artinya Android yang Anda gunakan belum diroot dan jika jika muncul simbol “#” itu artinya Android Anda sudah diroot.

  1. Fungsi Terminal Emulator untuk mempercepat koneksi

Yang keenam yaitu untuk mempercepat koneksi internet yang ada di smartphone yang Anda gunakan. Cara menggunakan Terminal Emulator untuk mempercepat koneksi internet yaitu buka aplikasi Terminal Emunator, kemudian jalankan aplikasi tersebut. Lalu ketik su, tekan enter, ketik ping 8.8.8.8. , lalu tekan enter lagi. Setelah semua langkah dilakukan, dengan otomatis, Anda bisa meminimize beberapa aplikasi yang Anda gunakan.

Baca Juga:  Cara Mengetahui Id BBM melalui Pin BB Android Mudah

Demikian pembahasan mengenai Cara Menggunakan Terminal Emulator di Android Tanpa Root yang bisa Anda coba untuk smartphone Android Anda saat ini. Semoga berhasil!

Tag

cmd android tanpa root,kode term emulator android no root
Loading...
Cara Menggunakan Terminal Emulator di Android Tanpa Root   | Nurul Hidayah | 4.5