Cara Restore Windows 8 / Mengembalikan ke Waktu Sebelumnya

Cara Restore Windows 8 / Mengembalikan ke Waktu Sebelumnya – Windows 8 saat ini benar-benar populer. Bukan hanya karena fitur yang dihadirkan sangat mengagumkan, namun juga ada kabar dari Microsoft bahwa semua pengguna Windows dapat melakukan peningkatan versi ke Win 10 secara gratis. Selain itu, salah satu fitur yang memudahkan pengguna dalam menggunakan windows 8 adalah menu restore yang dapat langsung dilakukan tanpa membutuhkan aplikasi pihak ketiga tambahan. Ingin tahu bagaimana cara restore windows 8? Berikut ulasannya untuk Anda.

Cara Restore Windows 8 di bawah ini :

Cara Restore Windows 8

  1. Klik kanan pada tombol start di Windows 8 milik Anda, lalu pilih menu “System”. Nantinya Anda akan disuguhkan tampilan sistem operasi dan data-data terkait perangkat Anda. Lanjutkan dengan melihat bagian sidebar kiri, lalu pilih menu “System Protection”.
  1. Setelah menekan tombol tersebut, akan muncul kotak pop up. Lanjutkan dengan menekan tombol “System Restore”.
  1. Nantinya akan muncul kotak dialog seperti wizard yang akan menyatakan bahwa Anda akan melakukan “Restore system files and settings” atau mengembalikan file sistem dan pengaturan. Lanjutkan dengan menekan tombol “Next”.
  1. Anda akan disuguhkan lagi kotak dialog yang berisi daftar file berupa Windows Update. Disini Anda bisa memilih file mana yang akan dihapus ataupun restore. Selain itu, memilih update terbaru dari Windows memungkinkan Anda tidak kehilangan sebagian besar update yang sudah-sudah.

Bisa Kita pertimbangkan, jikalau Anda melakukan restore windows 8 karena terlalu banyak virus atau salah dalam mengunduh dan instal banyak software, maka Anda dapat memilih Windows Update yang belum terjamah oleh apa yang Anda tidak inginkan (dalam hal ini virus dan aplikasi). Namun jika memang Anda ingin mengembalika sistem operasi ke keadaan paling awal, maka tidak perlu memilih. Selanjutnya tekan tombol “next” seperti biasa.

  1. Akan muncul kotak dialog “Confirm your restore point”. Disini Anda akan melihat drives yang akan di restore. Selain itu, jika Anda ingin mengganti password Windows, Anda disarankan untuk membuat terlebih dahulu ‘password reset disk”.
  1. Setelah semuanya siap, tekan tombol “Finish”. Nanti Anda akan diperlihatkan pop up peringatan yang menyatakan bahwa apakah Anda benar-benar ingin melakukan restore atau tidak. Jika ingin meneruskan, maka tekan tombol ‘Yes”.
  1. Dari sini Anda akan melihat sistem berjalan otomatis dengan ciri-ciri muncul timer kemajuan sistem dalam melakukan restore. Setelah timer sudah penuh, biasanya akan muncul pemberitahuan yang kurang lebih seperti ini, “Please wait while your Windows files and settings are being restored.” dan dilanjutkan dengan inisialisasi, registri dan restart secara otomatis.

Perlu diperhatikan bahwasanya dalam beberapa pengalaman, melakukan restore Windows 8 seperti cara di atas memerlukan waktu yang tidak terlalu lama, hanya beberapa menit. Namun jika histori data Anda menunjukan aplikasi yang sangat banyak, maka mungkin Anda membutuhkan waktu yang lebih.

Tag

cara restore windows 8,cara mengembalikan pengaturan awal laptop windows 8,cara recovery windows 8,cara mengembalikan program yang sudah di uninstall pada windows 8,cara mengembalikan windows 8 seperti semula tanpa instal ulang,cara restore windows 8 ke tanggal sebelumnya,cara reset windows 8,cara system restore windows 8,cara restore win 8,cara reset laptop windows 8
Cara Restore Windows 8 / Mengembalikan ke Waktu Sebelumnya | Balqish Annur Qaishah | 4.5