Cara Supaya Whatsapp Tidak Disadap atau Dibajak

Cara Supaya Whatsapp Tidak Disadap atau Dibajak – Sebagai aplikasi chatting yang paling populer dan banyak digunakan termasuk di Indonesia, Whatsapp rentan disadap oleh segelintir orang tidak bertanggung jawab. Ini karena banyak orang yang menggunakan aplikasi ini untuk melakukan percakapan yang penting atau sharing data seperti video, foto, dan lain sebagainya. Supaya tidak mengalami hal ini maka Anda harus sangat berhati-hati. Artikel ini akan membahas bagaimana cara supaya Whatsapp tidak disadap atau dibajak.

Penyadapan akan percakapan sudah sering terjadi, ada yang tujuannya mendapatkan informasi penting dan rahasia, ada juga yang iseng. Meski mungkin tidak memiliki hal-hal yang perlu ditutupi tapi bagaimana pun kita semua memiliki privacy. Supaya akun Whatsapp Anda tidak disadap maka harus tahu bagaimana cara supaya Whatsapp tidak disadap yang akan dibahas di bawah ini.

Cara Supaya Whatsapp Tidak Disadap atau Dibajak

Penyadapan akun WA atau aplikasi lainnya biasanya dilakukan menggunakan aplikasi pihak ketiga. Penggunaan aplikasi ini dinilai lebih mudah dibandingkan menyadap telepon atau menggunakan alat penyadap yang profesional. Sebelum tahu bagaimana cara mengatasi Whatsapp yang disap, Anda harus tahu dulu apa tanda dari hp yang telah disadap.

Beginilah bagaimana saja tanda jika hp Anda disadap oleh aplikasi.

  • Kuota atau oaket internet cepat habis karena aplikasi penyadap butuh koneksi internet agar data-data yang disadap bisa dikirimkan kepada server milik penyadap.
  • Baterai hp lebih boros meski Anda menggunakan hp seperti biasanya. Hal ini juga terjadi karena informasi dari hp Anda akan selalu dikirimkan ke server aplikasi penyadap. Aplikasi penyadap ini juga diinstall di hp Anda juga.
  • Hp lebih lemot.
  • Hp menjadi panas meski Anda tidak menggunakannya karena hp selalu bekerja.
  • Ketika menelepon ada beberapa bunyi yang mengganggu seperti bunyi derai, klik, dan lain sebagainya. Bahkan volume telepon bisa berubah sendiri.
  • Sinyal hp turun, tiba-tiba mati, atau suara mendengung ketika hp digunakan untuk melakukan komunikasi.
  • Ketika sedang tidak digunakan terdengar bunyi yang tidak wajar karena kemungkinan hp Anda sedang menjadi transmitter atau receiver yang akan menerima percakapan telepon di daerah sekitar hp.

Itulah beberapa contoh atau tanda hp Anda sedang disadap, tapi bisa juga karena alasan lainnya. Sekarang langsung saja ke pembahasan mengenai cara supaya Whatsapp tidak disadap atau dibajak di bawah ini. Caranya ada 3 buah, antara lain.

1. Kunci Whatsapp dengan App Lock

Mengunci aplikasi adalah salah satu cara yang paling ampuh dan mudah agar tidak ada orang yang bisa menjahili hp Anda. Oleh karena jika dikunci segala kegiatan yang dilakukan tidak bisa langsung bekerja sebelum kuncinya dibuka. Setiap hp mempunyai caranya masing-masing untuk mengunci aplikasinya, seperti untuk hp Xiaomi, aplikasi ini sudah ada di MIUI atau pre-installed. Menggunakan password memang salah satu cara aman untuk menghindari hp atau aplikasi dari orang lain.

Baca juga: Cara Menonaktifkan Whatsapp Sementara di Android Mudah

2. Periksa Dekstop atau Aplikasi

Selain bisa digunakan di hp, Whatsapp juga dapat digunakan di browser dengan nama Whatsapp Web. Dengan adanya WA versi website ini bisa membantu para pemilik WA untuk melakukan berbagai urusan. Meski demikian, fitur ini juga rentan dibajak oleh aplikasi, misalnya WhatWeb for Whatscan sebagai aplikasi penyadap paling banyak digunakan.

Cara kerja aplikasi ini adalah dengan melakukan scanning barcode pada targetnya sehingga nanti percakapan WA dari hp yang disadap akan langsung muncul di hp penyadapnya. Dengan mengecek pada Whatsapp Web Anda bisa melihat jika ada komputer lain yang masuk ke akun WA Anda. Cara mengeceknya untuk iOS hanya dengan masuk ke menu Settings kemudian pilih WhatsApp Web/Dekstop.

Tandanya jika ada yang masuk ke akun WA Anda adalah adanya tulisan jenis komputer yang masuk dan ada pilihan Currently Active. Cara untuk mengatasiunya adalah dengan melakukan log off, caranya dengan mengetuk pilihan Log Out from All Computers yang akan membuat akun Whatsapp Anda tertutup atau semua yang log in akan keluar.

Sedangkan jika pada android dan ada yang membajak maka pada pemberitahuan bahwa akun Whatsapp Web Anda sedang aktif kemudian akan ada tulisan kapan terakhir kali aktif dari hari dan jammnya. Langsung saja ketuk notifikasinya kemudian pilih Log Out from All Computers.

3. Aktifkan Fitur Two Step Verification

Fitur ini bisa Anda temukan dari Whatsapp versi terbaru yang termasuk fitur keamanan. Cara kerja dari fitur ini sama seperti untuk melindungi aplikasi menggunakan password. Dengan fitur ini pengguna harus memasukan kata sandi yang terdiri atas enam digit tapi untuk Anda yang akan mendaftarkan nomor hp baru atau ulang dan install ulang Whatsapp.

Dengan adanya fitur ini percakapan pribadi dan segala data-data yang ada di dalamnya tidak bisa disadap oleh orang lain. Cara mengaktifkannya mudah sekali, yaitu dengan membuka akun Whatsapp Anda kemudian klik menu Pengaturan atau Settings, setelah itu pilih Akun atau Account kemudian pilih fitur Two Step Verification.

Klik Enable lalu masukan PIN sebanyak 6 angka, PIN ini akan diminta ketika Anda melakukan registrasi nomor telepon. Selanjutnya klik Next terus sampai selesai. Jika ada yang akan memasang Whatsapp menggunakan akun milik Anda maka harus mengisi 6 digit angka tersebut.

Baca juga: Cara Install WhatsApp di PC / Komputer

Demikianlah bagaimana cara supaya Whatsapp tidak disadap atau dibajak. Mudah bukan?

Tag

agar whatsapp tidak bisa dibajak
Loading...
Cara Supaya Whatsapp Tidak Disadap atau Dibajak | Khisma Nisa Yuniar | 4.5