Checking BI yang Benar Seperti Berikut

Dari proses verifikasi BI ini, nasabah dapat mengevaluasi dan mengetahui detil riwayat kreditnya. Status riwayat kredit ini disebut sebagai informasi informasi Debitur Individual (IDI).

Saat mengajukan pinjaman bank atau pinjaman lain yang harus dipenuhi, itulah syarat dan ketentuan yang berlaku untuk bank tersebut. Bank atau lembaga keuangan lain memiliki sejumlah ketentuan yang ketat, salah satunya adalah BI Checking.

Riwayat kredit seseorang dapat diperoleh melalui BI Checking. Dalam prosesnya, bank akan memeriksa riwayat kredit nasabah melalui Sistem Informasi Debitur (SID) BI.

Banyaknya informasi yang dibuat dalam kendali BI, yang dianggap sebagai salah satu gambar paling akurat yang akan menampilkan semua informasi terkait pembiayaan nasabah. Informasi ini mencakup semua kondisi, terlepas dari apakah situasinya baik dengan pembayaran yang bermasalah.

Demikian cara mengecek status dan menghapus daftar hitam BI Checking beserta reviewnya.

Proses verifikasi BI dapat dilakukan secara online di website Bank Indonesia, misalnya pertama masuk ke halaman Bank Indonesia di www.bi.go.id, lalu klik “Moneter” dan pilih “History IDI Request”.

Ketiga, klik “Formulir” di pojok kiri bawah. keempat, isi formulir dengan benar dan lengkap, pilih bagian “Perorangan” atau “Badan Usaha”. Kelima, setelah mengisi formulir, “Kirim Formulir” pada tempat yang tersedia

Oleh karena itu, ada beberapa cara untuk menyelesaikan dan menghapus blacklist BI Checkin, di antaranya:

1. Pembayaran hutang

Jika Anda mengalami masalah tunggakan di bank atau lembaga keuangan lainnya, Anda bisa membayar langsung ke pihak yang berkepentingan. Ini akan disertai dengan pernyataan bank kepada BI, hingga status blacklist audit BI bersih.

Namun proses ini akan memakan waktu lama. Hal ini bergantung pada kinerja bank atau lembaga keuangan yang bersangkutan.

2. Jalankan laporan pembayaran hutang

Masih terkait dengan hal-hal sebelumnya, jika ternyata ingin proses pencabutan dari blacklist lebih cepat dan segera dilakukan, setelah proses pembayaran utang, Anda bisa melapor ke BI terdekat dengan membawa bukti pelunasan.

3. Dihapus dari sistem

Dalam kasus tertentu di mana Anda tidak melakukan pelunasan terkait utang yang Anda miliki, proses penghapusan daftar hitam akan dilakukan secara otomatis oleh sistem.

Namun, proses ini akan dilakukan setidaknya 24 bulan setelah Cek Kesehatan BI masuk daftar hitam. Ini jelas sudah lewat waktu lama dan bisa menghambat proses pengajuan kredit baru Anda, bukan?

4. Hindari blacklist kredit sejak awal

Kendala dalam pengajuan kredit dan layanan perbankan lainnya kemungkinan besar terjadi jika negara BI memeriksa daftar hitam Anda. Hindari situasi seperti ini sejak awal, agar Anda tidak mengalami masalah atau kendala dengan mengajukan kredit di kemudian hari.

Namun jika status kredit Anda sudah Negro, segera selesaikan tunggakan atau hutangnya. Sehingga status blacklist Anda bisa langsung dihapus.

Checking BI yang Benar Seperti Berikut | admin | 4.5