Jenis dan Makna Motif Batik di Indonesia

Jenis dan makna motif batik yang ada di Indonesia sangat beragam. Tak hanya cantik, batik yang merupakan seni menghias kain khas dari Indonesia memiliki makna hingga filosofi dalam setiap motifnya. Berikut penjelasan tentang daftar jenis dan arti motif batik pria yang ada di Indonesia. Batik merupakan salah satu kesenian tertua di nusantara karena sudah ada sejak jaman kerajaan. Kain tersebut didesain dengan ragam corak dan warna yang berbeda-beda di setiap daerah. Keindahan motif batik tertentu digunakan untuk menunjukkan strata sosial.

Seiring berjalannya waktu, batik kini bisa dipakai oleh semua orang. Hanya sedikit jenis dan motif yang diproduksi dan digunakan secara eksklusif oleh keluarga pemerintah di beberapa daerah. Ada berbagai macam jenis dan arti motif batik yang ada di Indonesia. Berikut penjelasan lengkapnya.

1. Menambal Batik

Batik Tambal berasal dari Yogyakarta. Motif batik ini sangat terkenal dan sering digunakan sebagai motif untuk menunjukkan praktek seni membatik di sekolah. Pengertian motif batik Tambal cukup dalam yaitu arti memperbaiki sesuatu yang rusak. Kain yang satu ini juga dipercaya bisa membantu menyembuhkan seseorang yang sedang sakit. Caranya dengan menutupi orang sakit dengan kain batik perca ini.

2. Batik Cuwiri

Batik ini dikenal di Jawa. Dulu, penggunaan kain batik bermotif Cuwiri hanya dibatasi karena menunjukkan strata sosial pemakainya. Jadi kain ini hanya digunakan pada saat upacara adat, acara khusus dan tradisi jawa lainnya. Selain itu, batik Cuwiri juga digunakan untuk ibu hamil yang memperingati masa kehamilan 7 bulan. Makna motif detail pada kain batik cuwiri merupakan lambang kerukunan, rasa hormat, kebaikan dan kemakmuran.

3. Semen batik

Pola interior beton mengambil keindahan alam, flora dan fauna. Jenis batik ini bisa dipakai kapan saja, oleh siapa saja. Sedangkan makna yang terkandung dalam motif permainan beton adalah keindahan alam yang ada di nusantara.

4. Batik Parang Kusumo

Jenis dan makna motif batik di Indonesia sendiri sudah cukup terkenal. Motif gelombang laut mengandung makna perjuangan untuk bertahan hidup, menurut filosofi yang tergambar pada ombak yang seolah menghantam tebing. Dalam budaya Jawa, perjuangan hidup harus selalu diiringi dengan penerapan norma kesusilaan dan norma baik lainnya.

5. Batik Mega Mendung

Mega Mendung Batik juga merupakan jenis dan makna motif batik yang populer di Indonesia. Kain batik ini berasal dari daerah Cirebon. Motifnya berbentuk awan biru di langit cerah. Padahal, makna motif batik Mega Mendung merupakan cerminan dari kesabaran manusia yang tidak mudah marah.

6. Batik Sidomukti

Salah satu jenis dan makna motif batik yang ada di Indonesia berasal dari daerah Magetan dan Solo. Makna tersembunyi dari pola bambu ini adalah harapan tercapainya kedamaian lahir dan batin serta kehidupan yang mulia dan sejahtera. Nama lain dari batik Sidomukti adalah kain lontar. Kain batik sidomukti biasanya dipakai pada saat upacara adat dan acara penting lainnya.

Jenis dan Makna Motif Batik di Indonesia | admin | 4.5