Jika Format Flashdisk RAW, Ini Cara Memperbaiki Supaya Format FAT32

Jika Format Flashdisk RAW, Ini Cara Memperbaiki Supaya Format FAT32 – Format sebuah flashdisk yang banyak digunakan saat ini adalah FAT32 meski termasuk format terlama. Apabila flashdisk menggunakan format ini maka Anda bisa melakukan format (menghapus data dalam flashdisk) dengan sangat mudah. Namun pada beberapa flashdisk formatnya berubah menjadi RAW, apabila seperti ini flashdisk jadi tidak bisa digunakan. Jika format flashdisk RAW maka harus diperbaiki menjadi FAT32. Artikel ini akan membahasnya.

FAT32 adalah standar format untuk flashdisk meski ada format lain yang lebih cepat. Namun karena beberapa alasan format flashdisk berubah menjadi RAW sehingga harus diperbaiki. Bagi Anda yang sedang mengalami masalah ini maka bisa membaca informasi jika format flashdisk RAM, ini cara memperbaiki supaya format FAT32 di bawah ini.

Jika Format Flashdisk RAW, Ini Cara Memperbaiki Supaya Format FAT32

Sebelum sampai ke pemecahan masalah atau cara memperbaiki format flashdisk menjadi FAT32, akan dibahas dulu mengenai berbagai format dari sebuah flashdisk dengan segala kelebihan dan kekurangannya.

  • Format FAT32

Ini adalah format yang sudah ada lama, yaitu sejak tahun 1995 yang menjadi penyempurna dari FAT16. Meski sudah lama tapi sampai saat ini masih yang paling banyak digunakan. Sedangkan FAT16 sudah tidak ada lagi. Dulu kemampuan format ini bagus sekali sehingga sekarang didukung banyak perangkat. Kelebihan yang dimilikinya adalah semua sistem operasi seperti Linux, Windows, dan Max telah mendukungnya sehingga menjadi standar format untuk FD juga SD card.

Sementara itu, kekurangannya adalah rentan diserang oleh virus karena tidak ada fitur file permission, dan kapasitas file tunggal yang bisa disimpan hanya sampai 4 GB sedangkan untuk partisi sampai 8 TB.

  • exFAT

ini adalah format untuk flashdisk paling baru yang diperkenalkan tahun 2006. Formatnya lumayan sederhana dan memiliki kapasitas mirip NTFS yang cukup besar. Cocok untuk format dari flashdisk dan sangat baik untuk digunakan pada perangkat portable. Format ini juga bisa digunakan di sistem operasi Windows, Linuc, dan MAC.

Sedangkan kekurangannya adalah ada beberapa perangkat yang belum mendukungnya.

  • NTFS

Merupakan penyempurna dari FAT32 tapi lebih banyak digunakan sebagai format partisi hardisk. Kelebihannya adalah mempunyai ukuran partisi yang limitnya lumayan besar. Kemudian lebih aman dari serangan virus karena mempunyai fitur file permission. Sedangkan kekurangannya adalah ada sistem operasi yang tidak mendukungnya meski memang bisa dibaca tapi tidak dapat dipakai.

Baiklah, setelah membaca berbagai format partisi untuk flashdisk dan perangkat lainnya sekarang langsung ke pembahasan jika format flashdisk RAW, ini cara memperbaiki supaya format FAT32.

Baca juga: Cara Memperbaiki Flashdisk Tidak Bisa Diformat

Cara termudah untuk memperbaiki format flashdisk dari RAW menjadi FAT32 adalah dengan menggunakan program command prompth yang ada di laptop atau komputer Anda. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

  • Klik tombol start lalu tekan huruf R untuk membuta CMD.
  • Selanjutnya ketik di CMD tersebut perintah format [drive:] /fs:fat32 /v kemudian enter. Untuk mengisi bagian drive: ganti dengan drive yang sesuai komputer Anda. Contohnya jika ada di drive C maka ganti dengan C:.
  • Sesudah itu proses akan berjalan. Jika sudah selesai maka flashdisk bisa digunakan lagi.

Selain untuk flashdisk, cara tersebut juga bisa digunakan pada kartu micro SD.

Cara lainnya untuk mengubah format adalah menggunakan bantuan dari sebuah software bernama OnBelay. Linknya ada di sini. Namun sebelumnya Anda harus tahu dulu mengenai software yang linknya diberikan ini. Yaitu, dengan menggunakannya maka ukuran flashdisk Anda bisa berkurang lumayan banyak jadi jika tidak berkenan tidak perlu menggunakannya. Kemudian link ini juga berisi versi Free dengan batas waktu 15 hari. Namun tidak perlu khawatir karena hanya sekali menggunakannya FD Anda bisa kembali seperti semula.

Kemudian lakukan backup file dulu karena nanti akan hilang. Jika sudah siap dengan segala risikonya sekarang langsung saja ikuti langkah-langkahnya berikut ini.

  • Setelah didownload, install dulu dengan cara mengekstraknya kemudian pada ikon OnBelay Anda bisa klik kanan kemudian pilih Run as Administrator. Atau bisa juga langsung klik dua kali pada ikon software tersebut.
  • Setelah itu akan muncul tampilan, langsung klik Next saja terus sampai finish. Namun mungkin Anda harus memberikan centang pada pilihan yang sesuai kebutuhan.
  • Mengenai software licence pilih saja Yes, lalu pilih dimana folder destinasi untuk menyimpannya. Secara otomatis ada di folder C tapi jika ingin mengganti klik Browse dan cari foldernya. Lalu pilih foldernya.
  • Sesudah itu centang keduanya jika Anda ingin melihat file readme atau membuat shortcut. Jika tidak pilih mana yang sesuai lalu klik Jika ingin membukanya langsung, beri checklist pada pilihan Launch OnDelay V2.

Itu dia cara menginstallnya, kemudian jalankan aplikasinya dengan langkah-langkah berikut ini.

  • Pertama kali akan muncul Notes, lakukan centang pada bagian Hide this dialog during next start up jika tidak ingin dialognya muncul lagi. Klik
  • Kemudian jika disuruh mengisi licence key tidak perlu diisi, klik Continue
  • Pilih drive mana yang akan Anda format. Oleh karena flashdisk maka pilih Drive (F:) atau sesuai drive FD Anda. Lanjut dengan pilih Tab Tools dan pilih
  • Sebaiknya pilih Full untuk format type. Kemudian centang kolom
  • Klik Format
  • Nanti akan muncul peringatan, klik saja
  • Jika proses telah selesai, cabut flashdisk Anda.

Baca juga: Cara Memperbaiki Flashdisk Yang Minta Format

Demikianlah bagaimana caranya jika format flashdisk RAW, ini cara memperbaiki supaya format FAT32. Semoga berhasil!

Tag

cara memperbaiki flashdisk raw dengan cmd,cara merubah format flashdisk raw ke ntfs,flashdisk berubah ke raw,memperbaiki flashdisk raw tanpa format
Loading...
Jika Format Flashdisk RAW, Ini Cara Memperbaiki Supaya Format FAT32 | Khisma Nisa Yuniar | 4.5