Kenapa “This Site Can’t Be Reached” dan Cara Mengatasi

Kenapa “This Site Can’t Be Reached” dan Cara Mengatasi – Internet pastinya sering mengalami kendala apalagi yang berhubungan dengan jaringan. Salah satunya menyebabkan beberapa situs tidak bisa terbuka. Jika Anda membuka situs di Google Chrome kemungkinan Anda akan menemukan masalah bertuliskan This Site Can’t Be Reached padahal jika membuka di browser lain bisa terbuka. Kira-kira kenapa “This Site Can’t Be Reached”? Artikel ini akan membahasnya dan cara mengatasinya.

Ada banyak alasan kenapa situs tidak bisa dijangkau atau dibuka, bisa karena memang situs diblokir atau sedang ada masalah dengan jaringan. Untuk mengetahui masalah yang terjadi sebenarnya Anda bisa meminta bantuan pada sistem Windows. Supaya Anda mengetahui kenapa “This Site Can’t Be Reached” dan cara mengatasinya ada di pembahasan di bawah ini.

Kenapa This Site Can't Be Reached dan Cara Mengatasi

Untuk mengetahui apa kesalahan yang terjadi pada layanan internet atau situs yang dibuka maka Anda bisa menggunakan fitur Troubleshooter yang ada di komputer atau laptop Anda. Sebelum mengatasinya Anda harus mendiagnosis kesalahan dengan mengikuti cara yang ada di bawah ini.

Untuk melakukan pengecekan masalah maka harus dilakukan melalui menu Control Panel. Sesudah itu pilih opsi Network & Sharing Center kemudian klik menu Troubleshoot Problems yang ada pada bagian bawah. Sesudah itu sistem akan melakukan proses pencarian masalah, setelah itu akan ada jendela yang terbuka. Pilih bagian koneksi internet untuk mengetahui masalahnya.

Cara lainnya adalah dengan memakai Windows Network Troubleshooter built in supaya permasalahan bisa secara otomatis diperbaiki.

Dengan cara seperti itu Anda bisa mendeteksi kenapa situs internet yang diakses tidak bisa dicapai di Google Chrome. Anda nanti akan langsung tahu kenapa “This Site Can’t Be Reached”.Setelah tahu bagaimana cara untuk mengetahui masalah pada koneksi internet, sekarang langsung ke pembahasan bagaimana cara mengatasinya.

Cara mengatasinya ada 4 buah, mungkin salah satunya bisa menyelesaikan masalah yang sedang Anda hadapi.

1. Prefetching DNS

Ini adalah cara pertama yang bisa Anda lakukan dan termasuk kepada trik sederhana. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

  • Pada bagian address bar di Chrome ketik perintah “chrome://settings/” tanpa tanda kutip kemudian
  • Sesudah itu akan muncul menu pengaturan Chrome. Selanjutnya pilih menu Show Advanced Settings.
  • Lalu beri centang pada pilihan Use a Prediction Service to Load Pages More Quickly.

Ini adalah cara pada Chrome yang baru, jika Anda masih menggunakan Chrome lama maka caranya sedikit beda. Yaitu langsung pilih menu Tools kemudian pilih opsi Options lalu Under The Hood. Kemudian pada menu Use DNS pre-fetching to improve page load hapus tanda centangnya.

Cara pertama ini mungkin akan langsung berhasil. Namun jika tidak masih ada 2 cara lagi.

2. Nonaktifkan Eksperimental Protocol Quic

Quic adalah sebuah nama dari protokol eksperimental terbaru atau disebut juga dengan koneksi internet UDP. Cara kedua ini mudah dilakukan juga. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

  • Ketik perintah “//flags” tanpa tanda kutip di bagian pencarian alamat web.
  • Selanjutnya cari menu Experimental Quic Protocol.
  • Jika sudah terlihat maka langsung nonaktifkan.

Baca juga: Cara Mempercepat Koneksi Internet WiFi Windows 7

3. Flush Cache DNS

Cara ketiga adalah melakukan hal ini. Cara ini akan bekerja dengan baik dan lumayan ampuh untuk mengatasi masalah internet. Untuk melakukannya menggunakan bantuan dari Command Prompt dengan mengetik perintah ipconfig/ flushdns kemudian Enter. Sesudah itu komputer akan melakukan pembersihan pada bagian cache DNS Windows agar masalahnya bisa diselesaikan.

Akan lebih baik setelah perintah dilakukan Anda melakukan restart komputer.

4. Gunakan Publik DNS

Error pada bagian internet atau browser juga biasanya dapat diatasi menggunakan cara ini. Namun hanya bisa dilakukan pada komputer dengan sistem operasi Windows 7, 8, dan 10. Setiap jenis sistem operasi yang berbeda membuat caranya juga sedikit beda. Pertama untuk Windows 7, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

  • Masuk ke Control Panel kemudian pilih menu Network and Internet.
  • Selanjutnya klik Network and Sharing Center.
  • Jika ada pop up baru muncul klik pilihan Change Adapter Settings lalu klik kanan pada LAN atau Wifi yang sedang digunakan. Pilih menu
  • Kemudian klik opsi Internet Protocol Version 4 atau TCP/IpV4. Klik lagi Properties pada bagian tersebut.
  • Selanjutnya beri tanda lingkaran pada pilihan Use The Following DNS Server Addresses.
  • Pada bagian open DNS Public isi 8.8.8.8 pada preffered DNS sedangkan 8.8.4.4 pada DNS Server.
  • Klik OK untuk menyimpannya.

Selesai. Sekarang untuk Windows 8 dan 10 yang langkah-langkahnya sebagai berikut.

  • Di bagian pojok kanan bawah Anda bisa melihat logo jaringan internet. Klik kanan ikon tersebut.
  • Selanjutnya pilih Open Network and Sharing Center.
  • Lalu klik opsi Change Adapter Setting yang letaknya di sebelah kiri. Lanjutkan dengan memilih jaringan internet atau Wifi yang sedang Anda pakai lalu klik kanan dan pilih
  • Pilih menu Internet Protocol Version 4 (TCP/Ipv4) kemudian klik pilihan Properties
  • Beri tanda juga pada pilihan Use the following DNS server addresses lalu isi bagian Preferred DNS Server dengan 8.8.8.8 dan Alternate DNS Server dengan 8.8.4.4.
  • Kemudian klik OK untuk menyimpan perubahan pengaturan.

Jika pengaturan DNS publik ini belum berhasil maka gunakan yang sudah tersedia di sini.

Baca juga: Cara Mempercepat Kinerja Google Chrome Mudah

Demikianlah pembahasan mengenai kenapa “This Site Can’t Be Reached” dan cara mengatasinya. Ada 4 cara yang dibahas di sini, semoga salah satunya berhasil memperbaiki masalah internet ini.

Tag

konek internet tapi this site cant be
Loading...
Kenapa “This Site Can’t Be Reached” dan Cara Mengatasi | Khisma Nisa Yuniar | 4.5