Manfaat Susu Soya untuk Ibu Hamil

Seberapa besarnya sih manfaat dari susu soya atau susu dedelai untuk ibu hamil ? Nah selama ini masih jadi sebuah perdebatan, ada yang berpendapat hal seperti ini sangat baik untuk di konsumsi ibu hamil dan sebagian lagi menganggap kalau susu kedelai itu kurang baik untuk ibu hamil. Hal tersebut memang wajar, karena banyak di masyrakat yang sudah beredar info yang mengatakan kalau mengkonsumsi susu soya ketika ibu hamil sangat bahaya pada janin, dan bahkan ada yang bilakng bisa mengakitbatkan keguguran.

Nah apa benar kalau susu kedelai itu berbahaya untuk dikonsumsi ibu hamil? Sebenarnya tidak juga, kenapa? Karena khasiat dan kandungan dari susu kedelai itu cukup banyak juga untuk ibu hamil, terutama susu kedelai juga sudah menjadi sebuah minuman yang populer dan banyak yang suka dengan susu kedelai termasuk masyaraka Indonesia khususnya untuk vegetarian.

Ibu hamil sering dilarang untuk mengkonsumsi susu kedelai ketika usia kandungan menginjak trimester kedua, nah untuk yang lebih jelasnya tentang pembahasan manfaat susu kedelai yang di konsumsi ibu hamil, berikut ini kami akan bahas tentang hal tersebut supaya anda bisa lebih paham.

Di saat proses kehamilan, ibu hamil di haruskan untuk menjaga kondisi kesehatannya, mengonsumsi makanan wajib diperhatikan juga aktivitas fisik yang harus diperhatikan. Menghindari makanan yang bisa menggangu kehamilan juga wajib dilakukan, untuk melengkapi kebutuhan nutrisi tiap harinya, susu ibu hamil juga perlu direkomendasikan, akan tetapi untuk ibu hamil yang mengalami alergi terhadap laktosa, tentu tidak bisa sembarangan untuk memilih susu. Makanya susu soya menjadi pilihan. Tapi apakah susu soya bisa mengimbangi kebutuhan nutrisi untuk ibu hamil? Nah berikut ini adalah manfaat dari susu soya yang harus anda ketahui untuk ibu hamil.

Manfaat Susu Soya untuk Ibu Hamil :

1. Bisa Menurunkan Kolesterol

Manfaat dari susu soya yang memang jarang dijumpai untuk ibu hamil yang berbasis susu sapi iyani, bisa membantu menurunkan kolesterol, di bandingkan dengan susu pada umumnya atau susu sapi, susu soya memang bisa di katakana lebih rendah lemaknya, di karenakan lemak yang terdapat pada susu soya iyani lemak nabati, lemak nabati pada susu soya lebih baik menjadi cadangan energi ketika masa kehamilan.

2. Meningkatkan Sistem Imun

Susu soya juga mengandung vitamin C juga beragam nutrisi lainya yang bisa membantu kekebalan tubuh menjadi meningkat, dan nutrisi juga tentu bisa membantu ibu hamil supaya bisa tetap sehat hingga masa kehamilan.

3. Meningkatkan Kecerdasan Pada Janin

Samahlanya dengan susu ibu hamil lainya, susu soya bisa membantu untuk meningkatkan kecerdasan janin, dan kandungan asam folat yang ada di dalamnya bisa memegang peranan yang penting untuk masa pertumbuhan otak bayi, tidak hanya itu saja, dengan mengkonsumsi susu soya dengan tratur bisa mencegah gangguan Neural Tube Defects (NTD).

4. Banyak Mengandung Vitamin

Benar saja susu soya menjadi minuman yang banyak di sukai oleh para vegetarian, karena susu tersebut memang mengandung banyak vitamin, seperti Vitamn A, Vitamin B, dan Vitamin E. fungsinya sudah jelas iyani untuk menjaga kesehatan tubuh dan membuat tubuh ibu yang sedang hamil bisa tetap sehat ketika masa kehamilan.

5. Sumber Energi

Ketika masa kehamilan, berat badan akan bertambah, energo yang diperlukan juga untuk beraktivitas bisa bertambah, nah kandungan karbohidrat pada susu soya bisa memberikan tambahan energi kepada ibu hamil, jadi walaupun masih beraktivitas ibu hamil tak akan cepat Lelah.

6. Protein yang Lengkap

Sebenarnya masih banyak makanan lain yang mengandung protein, jadi walaupun susu soya untuk ibu hamil muda tak disarankan, anda bisa tetap mengkonsumsi asupan protein dari manakan lain. Akan tetapi susu soya ini yang memiliki kandungan protein yang tinggi, sedangkan protein sendiri memiliki manfaat untuk masa-masa kehamilan, nah salah satunya untuk bisa mengoptimalkan proses perkembangan semua oragan pada janin, apalagi protein pada susu soya terbilang sangat tinggi dan lengkap, seperti argini, glisin, lisin, argini dan treonin.

Untuk menjaga kesehatan ketika ibu hamil, maka asupan makanan memang perlu diperhatikan, makanan yang di konsumsi tentu harus sehat. Tapi terdapat satu hal yang juga sangat penting, walaupun tidak mudah aktivitas fisik memang harus tetap terjaga. Ibu hamil juga memiliki aktifitas seperti olahraga khusus ibu hamil, supaya tetap sehat.

Manfaat Susu Soya untuk Ibu Hamil | Sahrul Romadon | 4.5