Taman Bungkul Surabaya, Alternatif Terbaik untuk Rekreasi Keluarga

Saat ini Kota Surabaya memang sudah punya sejumlah taman kota dengan keindahan yang layak dipertimbangkan sebagai alternatif rekreasi. Beberapa lokasi taman kota Surabaya antara lain Taman Dolog (Taman Pelangi Surabaya), Taman Flora (Kebun Bibit), Taman Prestasi, Taman Biliton (Taman Lansia), Taman Undaan serta Taman Bungkul. Diantara taman-taman tersebut, kita akan membahas tentang taman terakhir yang belakangan semakin populer di masyarakat.

Taman Bungkul memiliki luas lahan sekitar 900 meter persegi dengan banyak pepohonan tinggi di dalamnya. Taman ini menjadi tempat untuk sejumlah tanaman antara lain Bintaro Merah, Beringin Putih, Joklan, Pagoda, Anggur Laut, Pucuk Merah dan Mawar Jamber. Taman ini juga sempat menyabet gelar sebagai Best Asian Park in East Java 2013 oleh PBB karena keragaman flora di dalamnya.

Selain halnya keanekaragaman tumbuhan di sana, taman ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang dapat dimanfaatkan untuk lokasi bersantai keluarga. Selain itu, taman ini juga sudah sejak lama digunakan generasi muda sebagai lokasi nongkrong, berlatih hingga unjuk kebolehan. Bisa dikatakan bahwa taman Bungkul menghadirkan konsep gabungan dari berbagai elemen masyarakat Surabaya mulai dari pendidikan, hiburan,olahraga, budaya hingga spiritual.

Taman ini juga dijadikan sebagai alternatif tempat bersantai di kota Surabaya untuk dinikmati bersama dengan teman maupun keluarga. Lingkungan taman yang asri tak hanya karena perawatan pengelola saja, melainkan juga tingkat kesadaran masyarakat yang semakin tinggi. Tempat ini juga didukung oleh adanya banyak tempat sampah yang masing-masing hanya berjarak 5 meter saja. Jadi bisa Anda bayangkan seperti apa lingkungan taman ini.

Taman ini juga identik dengan aktifitas skateboard dan BMX karena memang menyediakan tempat khusus bagi para pegiatnya. Ada pula berbagai permainan anak seperti jungkat-jungkit, perosotan, ayunan, ayunan rantai, mangkuk putar dan sebagainya. Selain itu, Anda juga bisa sekedar menikmati refleksi sederhana dengan berjalan kaki di lantai yang menggunakan batu-batuan kecil.

Di taman ini, Anda bisa menemukan kran air siap minum gratis yang didatangkan secara langsung dari PDAM. Fasilitas publik lainnya seperti toilet umum di taman ini juga memadai dan tergolong bersih terawat. Tak heran jika taman ini selalu ramai setiap hari baik pagi, siang, sore bahna malam hari.

Banyak warga yang melakukan berbagai kegiatan olahraga seperti jogging, bersepeda, ataupun senam di pagi hari pada lokasi taman. Sementara itu, lokasi panggung hiburan yang ada di pusat taman sering digunakan berbagai kegiatan dan pertunjukan mulai pagi hingga malam. Pada malam harinya, suasana taman ini bahkan bisa saja lebih ramai karena gemerlap lampu dan keindahan air mancur.

Taman Bungkul memiliki air mancur dengan ketinggian mencapai 10 meter dan akan menyemburkan air hijau muda karena efek cahaya. Lokasi dari air mancur ini sendiri juga istimewa terletak di tepi sungai bersih dan air sungai yang jernih. Tentu saja kombinasi sungai dan air mancur yang dihiasi oleh bunga-bunga bermekaran ini menjadi daya tarik tersendiri. Bahkan bunga juga disusun sedemikian rupa agar selaras dengan air mancur.

Selain keindahan dan suasana taman, Anda juga bisa berbelanja ke para pedagang asongan yang menawarkan jajanan, makanan dan minuman bahkan aneka permainan. Anda bisa menemukan para pedagang ini di sekitar panggung hiburan. Diantara para pedagang tersebut, Anda bisa kulineran makanan langka khas Surabaya. Sebut saja seperti  Emping Jagung Parutan Kelapa, Pecel Semanggi Suroboyo, Arbanat dan sebagainya.

Tentunya Anda tidak akan kesulitan untuk mengatur jadwal liburan ke Taman Bungkul di Kota Pahlawan ini, bukan? Selamat Berlibur.

Taman Bungkul Surabaya, Alternatif Terbaik untuk Rekreasi Keluarga | admin | 4.5