Wisata ke Yogyakarta Menggunakan Kereta Api

Selain Bandung dan Bali, Yogyakarta merupakan salah satu tujuan wisata terpopuler yang terletak di Indonesia Barat. Anda juga bisa mengunjungi salah satu kawasan istimewa Indonesia dengan berbagai sarana transportasi, antara lain kendaraan pribadi, pesawat, bus umum, dan kereta api. Nah sebelum membahas lengkap tiket kereta Jakarta Jogja, sebaiknya kita sedikit mengulas mengenai kota tujuan ini.

Ada banyak tempat wisata menarik yang bisa Anda kunjungi saat liburan di Kota Gudeg. Salah satu yang cukup populer di kalangan wisatawan adalah kawasan Jalan Malioboro. Ini merupakan kawasan yang memungkinkan wisatawan untuk membeli batik, duduk dan bersantai di bangku-bangku yang tersedia di trotoar sambil menikmati pertunjukan seni atau menikmati bahasa sendiri dengan wisata kuliner.

Selain itu, banyak tempat wisata menarik lainnya yang bisa dikunjungi adalah Keraton Yogyakarta, Taman Sari, Taman Pintar, Pantai Parangtritis, Kebun Binatang Gembiraloka, Museum Affandi, Alun-Alun Kidul, Museum Ullen Sentalu, Telaga Putri Kaliurang, Taman Petualangan Air Teluk Jogja, Desa Wisata Kalibiru, Kebun Buah Mangunan, Puncak Becici, Air Terjun Sri Gethuk, Gua Pindul, Gunung Merapi, Taman Pelangi, Bukit Bintang, Pura Hijau, hingga deretan pantai eksotis di kawasan Gunung Kidul.

Jika Anda memiliki bujet yang cukup ketat, tidak ada salahnya menggunakan transportasi kereta api saat ingin berkunjung ke Yogyakarta. Pasalnya, harga tiket kereta api cenderung lebih murah dibandingkan jika Anda naik bus umum, trip, atau pesawat. Selain itu, di dekat stasiun Tugu Yogyakarta, Anda bisa menemukan berbagai akomodasi dan tempat wisata murah dengan harga terjangkau. Namun, sebelum memutuskan pergi ke Kota Gudeg dengan menggunakan kereta api, berikut beberapa tips yang perlu diperhatikan.

Rencanakan perjalanan Anda

Bagi Anda yang ingin berwisata ke Yogyakarta dengan menggunakan Kereta Api, Anda perlu merencanakan perjalanan Anda terlebih dahulu, minimal satu bulan sebelum H. Merencanakan perjalanan jauh hari akan memudahkan untuk mendapatkan tiket kereta api yang murah. Hal tersebut dikarenakan harga tiket kereta api biasanya akan lebih mahal jika melakukan reservasi pada hari pemberangkatan.

Pilih Kereta yang digunakan

Bagi Anda yang tidak memiliki cukup kocek, memilih kereta api kelas ekonomi saat berlibur di Yogyakarta menjadi pilihan yang tepat. Pasalnya, harga tiket kereta api kelas ekonomi dengan tujuan Yogyakarta jauh lebih murah jika dibandingkan dengan tiket kereta api kelas eksekutif atau bisnis. Bahkan saat ini kereta api kelas ekonomi sudah dilengkapi dengan fasilitas yang memadai, termasuk AC. Jika berangkat dari Stasiun Pasar Senen, Jakarta, ada beberapa kereta api kelas ekonomi yang bisa digunakan.

Persiapkan Barang Bawaan Anda

Hal lain yang harus dilakukan saat bepergian dengan kereta api adalah barang bawaan Anda. Koper atau koper yang bisa diangkut setiap penumpang kereta api memiliki berat maksimal 20 kilogram. Jika bagasi Anda melebihi kondisi ini, Anda akan didenda untuk kelebihan bagasi.

Temukan akomodasi dekat Stasiun Yogyakarta

Sebagai kota wisata, Yogyakarta telah menyediakan berbagai macam akomodasi yang dapat digunakan sebagai tempat bermalam. Memang, kota ini bisa dikatakan surga, mulai dari akomodasi murah hingga akomodasi, cottage, dan vila berkelas bintang lima. Anda dapat memilih akomodasi yang tepat sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda.

Namun, jika Anda bepergian ke Yogyakarta dengan menggunakan kereta api, disarankan untuk memilih akomodasi yang terletak di dekat stasiun Tugu. Pasalnya, selain memiliki akses yang lebih mudah, akomodasi di Stasiun Monas menawarkan harga yang rata-rata masuk akal, sehingga Anda bisa menghemat pengeluaran. Berikut beberapa akomodasi murah di dekat stasiun Monument.

Tempat wisata dekat stasiun Yogyakarta

Ada beberapa tempat wisata yang terletak di dekat Stasiun Tugu Yogyakarta yang dapat Anda kunjungi. Salah satu yang paling hits adalah kawasan Jalan Malioboro yang terkenal di kalangan wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Di kawasan ini, seperti yang dipelajari sebelumnya, Anda bisa berbelanja, menikmati atraksi seni, dan berwisata kuliner.

Selain Malioboro, objek wisata menarik lainnya yang terletak di dekat stasiun Tugu adalah Tugu Jogja. Ini adalah sebuah monumen di tengah jalan sekitar Malioboro yang awalnya bernama Tugu Golong Gilig atau Tugu Pal Putih. Meski terletak di tengah jalan raya, banyak wisatawan yang berkunjung ke monumen hanya untuk berfoto ria.

Beberapa tempat wisata terkenal lainnya yang patut untuk dikunjungi adalah titik nol kilometer yang memiliki banyak bangunan peninggalan Belanda, Benteng Vredeburg yang unik dan bersejarah, Keraton Yogyakarta yang hanya berjarak berjalan kaki singkat, Taman Sari, Alun-alun Kidul, Alun-alun Utara dan Pasar Beringharjo.

Wisata ke Yogyakarta Menggunakan Kereta Api | admin | 4.5